Rekomendasi Nasi Grombyang di Pemalang

Rekomendasi Nasi Grombyang di Pemalang

Blog

Pemalang, sebuah kota kecil di Jawa Tengah, terkenal dengan berbagai kuliner khas yang menggugah selera. Salah satu yang paling ikonik adalah nasi grombyang Pemalang yang terkenal enak sekali. 

Nasi Grombyang sendiri adalah contoh makanan khas dari Jawa Tengah yang berupa soto berkuah dengan daging sapi atau kerbau dan nasi, yang disajikan dengan kuah melimpah sehingga terlihat bergoyang-goyang, sesuai dengan namanya yang diambil dari bahasa Jawa.

Nasi Grombyang di Pemalang yang Enak 

Untuk dulur semua yang sedang mencari Nasi Grombyang terdekat di Pemalang, berikut kami berikan rekomendasinya. 

1. Nasi Grombyang H. Warso

Nasi Grombyang H. Warso merupakan salah satu tempat legendaris yang wajib kamu kunjungi di Pemalang. Di sini, kamu akan disuguhkan dengan seporsi mangkuk kecil yang berisikan nasi, suwiran daging sapi, taburan daun bawang yang disiram kuah kaldu yang gurih dan segar. Terletak di Jalan RE Martadinata, Pemalang, warung ini terkenal dengan cita rasa kuahnya yang kaya akan rempah.

2. Nasi Grombyang Pak Waridin

Jika kamu mencari nasi grombyang yang dilengkapi dengan sate kerbau, Nasi Grombyang Pak Waridin adalah pilihan yang tepat. Berlokasi di Jl. Gatot Subroto No.31, Bojongbata, Pemalang, warung ini menyuguhkan semangkuk nasi grombyang yang nikmat dengan tambahan sate kerbau yang empuk dan lezat. Kuahnya yang melimpah membuat nasi dan daging terasa lebih nikmat dan segar.

3. Nasi Grombyang Pak Toli

Nasi Grombyang Pak Toli adalah pilihan lain yang tidak kalah menarik di Pemalang. Beralamat di Jl. R.E. Martadinata No.122-166, Pelutan, Pemalang, warung ini dikenal dengan bumbu rempahnya yang lebih terasa dan aroma khas yang berasal dari kelapa sangrai. Rasa gurih dari kuahnya dan daging yang empuk menjadikan pengalaman makan di sini tak terlupakan.

4. Nasi Grombyang Pak Toyib

Terletak di Jl. R. E. Martadinata, Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Nasi Grombyang Pak Toyib menawarkan cita rasa nasi grombyang yang berbeda. Warung ini menyediakan menu nasi grombyang dengan kuah yang kental dan daging yang empuk, menjadikannya pilihan favorit bagi pecinta kuliner khas Pemalang. Pendamping sate yang disediakan juga menambah kenikmatan tersendiri.

Nasi grombyang adalah makanan khas Pemalang, Jawa Tengah, yang berupa soto berkuah dengan daging sapi atau kerbau dan nasi. Nama grombyang diambil dari bahasa Jawa yang berarti bergoyang-goyang, karena kuah lebih banyak daripada isi sehingga kelihatannya bergoyang. 

Nasi grombyang memiliki rasa yang segar dan gurih, dan bisa dihidangkan dengan bawang goreng dan kerupuk. Kuliner berbahan utama nasi putih dan daging sapi atau kerbau itu pada 29 Oktober 2021 lalu ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *